Pengarang : Kanaidi, SE., M.Si - 2011
Buku ini terdiri dari sembilan Bab. Pada Bab 1 diulas secara ringkas dan sifatnya sebagai review atas pemahaman mengenai pengertian tentang bauran pemasaran dan bauran promosi sebagai tonggak awal untuk masuk ke bab-bab berikutnya.
Bab 2 membahas tentang pengertian periklanan dan manajemen periklanan, pola penyusunan tujuan periklanan, serta mengulas tentang pertimbangan dan metode dalam penetapan anggaran periklanan.
Daftar ISI BUKU :
Bab 2 : Pengertian Periklanan dan Proses Manajemen Periklanan
A. Pengertian Iklan
B. Ciri-ciri Iklan
C. Proses Manajemen Periklanan
D. Menyusun Tujuan Periklanan
Studi Kasus
E. Anggaran
Periklanan
Studi Kasus
F. Ringkasan
G. Soal-Soal Latihan
Ulasan Sepintas ISI BUKU Bab 2:
Keterkaitan Periklanan dengan Marketing
Mix dan Promotional Mix
Sebelum
membahas lebih jauh tentang periklanan, lebih baik kita pahami terlebih dahulu
pengertian dan keterkaitan antara Marketing Mix (bauran pemasaran)
dengan Promotional Mix (bauran
promosi), serta keterkaitan antara Promotional Mix
dengan Periklanan.
Berikut akan disajikan beberapa pengertian tentang Marketing (pemasaran), Marketing Mix (bauran pemasaran), Promotional Mix (bauran promosi) secara
sekilas dari berbagai sumber, yaitu :
1. Pengertian Marketing (pemasaran)
· Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang
ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan
mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli
yang ada maupun pembeli yang potensial”.
(Stanton, 1998)
·
Marketing is a social and managerial process by which individuals and
groups obtain what they need and want through creating, offering, and
exchanging product of value whit others (Pemasaran
adalah proses sosial dan manajerial dari kegiatan seseorang atau lembaga untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar
individu dan kelompok melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran
suatu produk yang bernilai di pasar). Kotler, 2002: 9
·
Marketing management is the
process of planning and executing the conception, pricing, promotion, and
distribution of ideas, goods, and services to creat exchanges that satisfy
individual and organizational goals (Manajemen pemasaran adalah
proses, perencanaan, dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta
penyaluran gagasan, barang dan jasa yang menciptakan pertukaran yang dapat
memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi). Kotler, 2002:14
·
Marketing means solving customers' problems profitably. (Randall Chapman, 2003)
2.
Pengertian Marketing mix (bauran
pemasaran)
Marketing mix
adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem
pemasaran yang berupa produk, harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi,
atau dengan kata lain marketing mix merupakan kumpulan variabel-variabel yang
dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen.....baca_selengkapnya)
......................pada :
Buku "Dasar-Dasar Periklanan" : Daya Pikat
Pesan Iklan + Ambient Media sebagai Terobosan dalam Beriklan atau ....click di
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
- LKM/S Net KAS : lkmsnetkas.blogspot.com/
- Jurnal Business & Marketing
- Jurnal Merek
- Jurnal Manajemen Sdm
- Daftar-Judul-Hasil-PENELITIAN-Relevan
- Jurnal Kualitas Jasa (Servqual)
- Jurnal Value
- Jurnal Loyalitas Pelanggan (Loyalty)
- Jurnal Corporate Image
- Artikel-artikel Image
- Jurnal/Artikel “CRM”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar