Rabu, 31 Oktober 2012

Pengarang : Kanaidi, SE., M.Si - 2011

    Buku ini  terdiri dari sembilan Bab. Pada Bab 1 diulas secara ringkas dan sifatnya sebagai review atas pemahaman mengenai pengertian tentang bauran pemasaran dan bauran promosi sebagai tonggak awal untuk masuk ke bab-bab berikutnya.  
    Bab 2 membahas tentang pengertian periklanan dan manajemen periklanan, pola penyusunan tujuan periklanan, serta mengulas tentang pertimbangan dan metode dalam penetapan anggaran periklanan.

Daftar ISI BUKU :


Bab 2 : Pengertian Periklanan dan Proses Manajemen Periklanan
A.    Pengertian Iklan
B.    Ciri-ciri Iklan
C.   Proses Manajemen Periklanan
D.   Menyusun Tujuan Periklanan
Studi Kasus
E.  Anggaran Periklanan
Studi Kasus
F.  Ringkasan
G. Soal-Soal Latihan

 Ulasan Sepintas ISI BUKU Bab 2:


Keterkaitan Periklanan dengan Marketing Mix dan Promotional Mix
Sebelum membahas lebih jauh tentang periklanan, lebih baik kita pahami terlebih dahulu pengertian dan keterkaitan antara Marketing Mix (bauran pemasaran) dengan Promotional Mix (bauran promosi), serta  keterkaitan antara Promotional Mix dengan Periklanan.

Berikut akan disajikan beberapa pengertian tentang Marketing (pemasaran), Marketing Mix (bauran pemasaran), Promotional Mix (bauran promosi) secara sekilas dari berbagai sumber, yaitu :

1. Pengertian Marketing (pemasaran)
·      Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial”.  (Stanton, 1998)
·         Marketing is a social and managerial process by which individuals and groups obtain what they need and want through creating, offering, and exchanging product of value whit others (Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dari kegiatan seseorang atau lembaga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar  individu dan kelompok melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran suatu produk yang bernilai di pasar). Kotler, 2002: 9
·         Marketing management is the process of planning and executing the conception, pricing, promotion, and distribution of ideas, goods, and services to creat exchanges that satisfy individual and organizational goals (Manajemen pemasaran adalah proses, perencanaan, dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa yang menciptakan pertukaran yang dapat memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi). Kotler, 2002:14
·         Marketing means solving customers' problems profitably. (Randall Chapman, 2003)

2.    Pengertian Marketing mix (bauran pemasaran)
Marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yang berupa produk, harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi, atau dengan kata lain marketing mix merupakan kumpulan variabel-variabel yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen.....baca_selengkapnya) ......................pada :

Buku "Dasar-Dasar Periklanan" : Daya Pikat Pesan Iklan + Ambient Media sebagai Terobosan dalam Beriklan  atau ....click di


Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
embayen ... ambayen ... embaien ... ambaien ... embaient ... ambaient ... embayent ... ambayent

Tidak ada komentar:

Posting Komentar