Pengarang : Kanaidi, SE., M.Si - 2011
Buku ini terdiri dari sembilan Bab. Pada Bab 1 diulas secara ringkas dan sifatnya sebagai review atas pemahaman mengenai pengertian tentang bauran pemasaran dan bauran promosi sebagai tonggak awal untuk masuk ke bab-bab berikutnya.
Bab 2 membahas tentang pengertian periklanan dan manajemen periklanan, pola penyusunan tujuan periklanan, serta mengulas tentang pertimbangan dan metode dalam penetapan anggaran periklanan.
Bab 3 membahas tentang fungsi atau peranan iklan dan jenis-jenis iklan yang pembuatannya biasa dikerjakan oleh perusahaan periklanan.
Bab 4 membahas mengenai peluang bisnis di industri periklanan, gelimang media dan industri periklanan dan mengajak pembaca memahami betapa besarnya belanja iklan nasional maupun regional dari tahun ke tahun, dan peran yang dibutuhkan dalam bidang media dan industri periklanan.
Daftar ISI BUKU :
Bab 4 : Profesi dan
Prospek Industri Periklanan
A. Media Masa dan Periklanan sebagai Industri
B. Gelimang Industri Media dan Periklanan
C. Peran yang Dibutuhkan dalam Industri Media dan
Periklanan
D. Ringkasan
E. Soal-Soal Latihan
Ulasan Sepintas ISI BUKU Bab 4:
A. Media Masa dan Periklanan sebagai Industri
Menurut sejarah, perkembangan periklanan berjalan beriringan dengan
perkembangan media cetak seperti Koran-koran yang ada di kedai kopi, yang
terjadi pada masa klasik abad ke-17. Diawali dengan terbitnya biro-biro iklan
seperti “White” pada tahun 1800 yang menangani periklanan lotre resmi
pemerintah Inggris.
Hal tersebut menjadi bukti bahwa menurut sejarah
perdagangan, iklan menempati posisi yang penting. Meskipun awalnya biro-biro
iklan sekedar menjalankan fungsi sebagai makelar/pialang ruang atau kolom iklan
di media massa. Fungsi itu harus berlanjut sehingga posisi legal yang utama
dari biro-biro iklan tersebut adalah sebagai perantara pihak media massa dan
para pengiklan.. . . . .
Selama ini kebanyakan dari
kita hanya sebagai penikmat dan memandang bahwa media
massa dan periklanan hanya sebatas sebagai hiburan. Dalam konsisi yang terjadi
saat ini dan maraknya perkembangan media massa dengan berbagai rubrik dan
program acaranya yang menarik memang tidak dipungkiri bahwa hal itu dapat
dimanfaatkan dan dinikmati sebagai
sarana hiburan.
Dibalik itu semua sesungguhnya
penyajian acara/rubrik dan kreatifnya desain iklan yang ditampilkan merupakan
industri yang menjanjikan prospek yang baik dan bisa dijadikan sebagai profesi
yang dapat digeluti. Betapa tidak,
berkembangannya . . . . . . (baca_selengkapnya)
......................pada :
Buku "Dasar-Dasar Periklanan" : Daya Pikat
Pesan Iklan + Ambient Media sebagai Terobosan dalam Beriklan, atau ....click di
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
- LKM/S Net KAS : lkmsnetkas.blogspot.com/
- Jurnal Business & Marketing
- Jurnal Merek
- Jurnal Manajemen Sdm
- Daftar-Judul-Hasil-PENELITIAN-Relevan
- Jurnal Kualitas Jasa (Servqual)
- Jurnal Value
- Jurnal Loyalitas Pelanggan (Loyalty)
- Jurnal Corporate Image
- Artikel-artikel Image
- Jurnal/Artikel “CRM”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar