Rabu, 31 Oktober 2012

Peluang Bisnis di Industri Periklanan

 Pengarang : Kanaidi, SE., M.Si - 2011


     Buku ini  terdiri dari sembilan Bab. Pada Bab 1 diulas secara ringkas dan sifatnya sebagai review atas pemahaman mengenai pengertian tentang bauran pemasaran dan bauran promosi sebagai tonggak awal untuk masuk ke bab-bab berikutnya.  
    Bab 2 membahas tentang pengertian periklanan dan manajemen periklanan, pola penyusunan tujuan periklanan, serta mengulas tentang pertimbangan dan metode dalam penetapan anggaran periklanan
   Bab 3 membahas tentang fungsi atau peranan iklan dan jenis-jenis iklan yang pembuatannya biasa dikerjakan oleh perusahaan periklanan
      Bab 4 membahas mengenai peluang bisnis di industri periklanan, gelimang media dan industri periklanan dan mengajak pembaca memahami betapa besarnya belanja iklan nasional maupun regional dari tahun ke tahun, dan  peran yang dibutuhkan dalam  bidang media dan industri periklanan

Daftar ISI BUKU :


Bab 4 : Profesi dan Prospek Industri Periklanan
A.  Media Masa dan Periklanan sebagai Industri
B.  Gelimang Industri Media dan Periklanan
C.  Peran yang Dibutuhkan dalam Industri Media dan Periklanan
D.  Ringkasan
E.    Soal-Soal Latihan 

Ulasan Sepintas ISI BUKU Bab 4:


A.  Media Masa dan Periklanan sebagai Industri
     Menurut sejarah, perkembangan periklanan berjalan beriringan dengan perkembangan media cetak seperti Koran-koran yang ada di kedai kopi, yang terjadi pada masa klasik abad ke-17. Diawali dengan terbitnya biro-biro iklan seperti “White” pada tahun 1800 yang menangani periklanan lotre resmi pemerintah Inggris.
Hal tersebut menjadi bukti bahwa menurut sejarah perdagangan, iklan menempati posisi yang penting. Meskipun awalnya biro-biro iklan sekedar menjalankan fungsi sebagai makelar/pialang ruang atau kolom iklan di media massa. Fungsi itu harus berlanjut sehingga posisi legal yang utama dari biro-biro iklan tersebut adalah sebagai perantara pihak media massa dan para pengiklan.. . . . .


Selama ini kebanyakan dari kita hanya sebagai penikmat dan memandang bahwa media massa dan periklanan hanya sebatas sebagai hiburan. Dalam konsisi yang terjadi saat ini dan maraknya perkembangan media massa dengan berbagai rubrik dan program acaranya yang menarik memang tidak dipungkiri bahwa hal itu dapat dimanfaatkan  dan dinikmati sebagai sarana hiburan.
          Dibalik itu semua sesungguhnya penyajian acara/rubrik dan kreatifnya desain iklan yang ditampilkan merupakan industri yang menjanjikan prospek yang baik dan bisa dijadikan sebagai profesi yang dapat digeluti. Betapa tidak,  berkembangannya  . . . . . . (baca_selengkapnya) ......................pada :

Buku "Dasar-Dasar Periklanan" : Daya Pikat Pesan Iklan + Ambient Media sebagai Terobosan dalam Beriklan,   atau ....click di


Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
embayen ... ambayen ... embaien ... ambaien ... embaient ... ambaient ... embayent ... ambayent

Tidak ada komentar:

Posting Komentar